Bahasa Indonesia Mon - Fri 08:00-17:00 +62 21 851 5558 / +62 21 851 5556
waskitatollroad@wtr.co.id

Waskita Toll Road resmi melepas 30% kepemilikan Saham Di Ruas Tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi

PT Waskita Toll Road > Uncategorized > Waskita Toll Road resmi melepas 30% kepemilikan Saham Di Ruas Tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi

Jakarta, 22 April 2021, PT Waskita Toll Road (WTR) salah satu perusahaan investasi jalan tol terbesar di Indonesia telah menandatangani Akta Jual Beli atau Sale Purchase Agreement (SPA) divestasi 30% kepemilikan saham di Ruas Medan Kualanamu Tebing Tinggi kepada Road King Expressway (RKE) melalui anak perusahannya Kings Ring Limited (KRL) yang dilakukan di Kantor Kementerian BUMN dan dihadiri serta disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.
RKE merupakan salah satu investor asal Hongkong yang berpengalaman sebagai investor jalan tol lebih dari 20 tahun di China. Melalui anak perusahaannya Kings Ring Limited (KRL), perusahaan yang berdomisili di Hongkong mengambil alih seluruh saham WTR di PT Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT) sebesar 30% dengan nilai transaksi Rp 824 Miliar yang akan dibayarkan secara bertahap setelah ditandatanganinya Akta Jual Beli / Sale Purchase Agreement (SPA) pada hari ini.
Divestasi saham di ruas tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi ini dilakukan oleh dua pemegang saham yakni PT Waskita Toll Road yang mendivestasi 30% sahamnya dan PT PP (Persero) yang menjual sahamnya sebanyak 15%.
Direktur Utama WTR, Septiawan Andri Purwanto menjelaskan, bahwa pelaksanaan divestasi ruas tol JMKT ini merupakan perwujudan dari rencana WTR untuk melaksanakan Divestasi 9 ruas tol yang dimiliki di tahun 2021. Keberhasilan divestasi JMKT ini merupakan bukti besarnya minat investor asing dan investor lokal berinvestasi di Jalan Tol nasional khususnya jalan tol yang dimiliki oleh Waskita Karya. “Penandatanganan Sales Purchase Agreement ini merupakan suatu momentum dan sinyal yang baik bagi upaya kami menjalankan proses bisnis sebagai developer jalan tol terbesar di Indonesia. “Dalam waktu dekat, kami juga akan merealisasikan divestasi saham kami di 2 ruas tol lainnya dengan nilai transaksi kurang lebih sebesar Rp 3,5 Triliun.” jelas Septiawan.
Sementara itu, President Director PT Waskita Karya (Persero) Tbk Destiawan Soewardjono menjelaskan bahwa penandatanganan Sales Purchase Agreement ini adalah sebagai salah satu momentum bagi Waskita Karya untuk dapat melakukan perbaikan financial, dan di tahun ini Waskita Karya juga akan melakukan divestasi sebanyak 9 (sembilan) ruas tol yang salah satunya telah terlaksana pada hari ini dan menjadi tantangan bagi kami untuk merealisasikannya. Ini juga sebagai momen bahwa hal ini menjadi bagian penting dari rekstrukturisasi Waskita Karya secara keseluruhan” ucap Destiawan.
Sebagai informasi ruas tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi ini merupakan jalan tol yang terletak di Sumatera Utara dan menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera. Ruas ini memiliki panjang 61,7 Km yang telah beroperasi penuh sejak tahun 2017. Keberadaan ruas tol ini sangat penting untuk menghubungkan kota Medan dan daerah sekitarnya, khususnya ke Bandara Kualanamu dan wilayah Tebing Tinggi.
———————————————————————————————————————
Untuk keterangan lebih lanjut :
Alex Siwu
Corporate Secretary
PT Waskita Toll Road
Waskita Rajawali Tower, Lt.7
Email : alex@wtr.co.id