Bahasa Indonesia Mon - Fri 08:00-17:00 +62 21 851 5558 / +62 21 851 5556
waskitatollroad@wtr.co.id

Tentang WBS dan Gratifikasi

PT Waskita Toll Road

Apa itu Whistleblowing System?

Whistleblowing System (WBS) atau Sistem Pelaporan Pelanggaran (SPP) adalah suatu sistem yang dirancang untuk menerima, menelaah dan menindaklanjuti pengaduan yang disampaikan oleh karyawan atau pihak lainnya.

Terkait dengan usaha penerapan Good Corporate Governance (GCG) dan termasuk di dalamnya pemberantasan korupsi, suap dan praktek kecurangan lainnya, bahwa cara yang paling efektif untuk mencegah dan memerangi praktik yang bertentangan dengan Good Corporate Governance adalah melalui mekanisme pelaporan pelanggaran (Whistleblowing System) yang akan terlihat jumlah kecurangan yang berhasil dideteksi, dan waktu penindakannya relatif lebih singkat dibandingkan dengan cara lainnya.

Komitmen Perusahaan Kepada Pelapor

Manajemen berkomitmen untuk melindungi pelapor pelanggaran yang beritikad baik dan manajemen akan patuh terhadap segala peraturan perundang-undangan yang terkait serta best practices yang berlaku dalam penyelenggaraan Whistleblowing System. Kebijakan ini dimaksudkan untuk mendorong terjadinya pelaporan pelanggaran dan sekaligus menjamin keamanan pelapor maupun keluarganya.

a. Perusahaan menjamin kerahasiaan identitas Pelapor.
b. Perusahaan menjamin perlindungan terhadap pelapor dari segala bentuk ancaman, intimidasi atau perbuatan tidak menyenangkan lainnya dari berbagai pihak selama Pelapor menjaga kerahasiaan pelanggaran kepada pihak manapun.
c. Perlindungan terhadap pelapor juga berlaku bagi para pihak yang melakukan investigasi maupun pihak-pihak yang memberikan informasi terkait pelanggaran yang diadukan.

Anonimitas Pelaporan

Pelaporan pelanggaran dapat dilaporkan secara anonim, maupun dengan dilengkapi identitas pelapor. Dalam hal pelaporan penyimpangan dilakukan dengan menyertakan nama pelapor, maka Perusahaan menjamin kerahasiaan identitas pelapor. Oleh karena itu, untuk mengurangi anonimitas laporan, perusahaan memastikan bahwa kebijakan perlindungan pelapor, kerahasiaan pelapor dan jaminan keamanannya benar-benar dapat terlaksana dan dapat dirasakan oleh seluruh personil Perusahaan.

Imbal Balik Pelaporan

Imbal balik pelaporan dilakukan oleh Perusahaan dengan tujuan untuk memberikan rasa aman, maupun sebagai stimulan bagi Personil Perusahaan agar dapat lebih aktif berpartisipasi dalam pelaksanaan Whistleblowing System.

Beberapa imbal balik yang dapat dilakukan oleh Perusahaan yaitu perlindungan berupa kerahasiaan identitas, dan menjamin keamanan pelapor atas tindakan diskriminasi, ancaman, maupun tindakan kurang menyenangkan.