Bahasa Indonesia Mon - Fri 08:00-17:00 +62 21 851 5558 / +62 21 851 5556
waskitatollroad@wtr.co.id

Ruas Tol Ciawi – Sukabumi sebagai Penangkal Kemacetan di Jawa Barat

PT Waskita Toll Road > Berita terkini > Ruas Tol Ciawi – Sukabumi sebagai Penangkal Kemacetan di Jawa Barat

Ciawi, 12 Agustus 2021, Ruas tol Ciawi – Sukabumi yang dikelola oleh PT Trans Jabar Tol (TJT) yang merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) milik PT Waskita Toll Road merupakan ruas penting untuk menjadi solusi kemacetan arus lalu lintas di wilayah Ciawi – Sukabumi provinsi Jawa Barat. Saat ini ruas tol yang menghubungkan wilayah Bogor, Ciawi, hingga Sukabumi ini telah beroperasi sepanjang 15 km pada jalur Ciawi – Cigombong (Seksi I). Sementara itu, jalur Cigombong – Cibadak (Seksi II) sedang dalam tahap konstruksi sepanjang 11,9 Km dengan target penyelesaian akhir tahun 2021, sedangkan Seksi III dan IV sedang dalam proses pembebasan lahan. Dengan rampungnya Seksi II, ruas Ciawi – Sukabumi diprediksi dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Sukabumi hingga 2 (dua) jam.

Demi menjaga kualitas pengelolaan dan pelayanan, TJT senantiasa melakukan pengecekan secara berkala. Beberapa upaya pengelolaan jalan tol di antaranya adalah pelaksanaan scrapping, tack coat, dan pengaspalan jalan tol yang perlu diperbaiki. Kelengkapan dan kondisi rambu-rambu dan reflektor di sekitar jalan tol juga dilakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan keselamatan dan keamanan pengguna jalan selama berkendara. Selain itu, dilakukan pemotongan rumput pada area sekitar jalan tol secara rutin untuk menjaga kerapihan dan keindahan ruas tol Ciawi – Sukabumi.

Anjar Kuswijanarko, selaku Direktur Utama TJT, menyatakan bahwa TJT selalu berupaya penuh untuk menjaga kualitas Standar Pelayanan Minimal (SPM) kepada para pengguna jalan tol di ruas Ciawi – Sukabumi. “Kami percaya bahwa pemenuhan SPM yang baik akan secara langsung berdampak positif kepada tingkat keamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kualitas pelayanan jalan tol yang baik juga dapat menjaga tingkat pengembalian investasi Pemegang Saham kami,” jelas Anjar.

Terletak pada wilayah yang kaya akan sarana rekreasi dan pariwisata, ruas tol Ciawi – Sukabumi memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan pariwisata lokal, salah satunya adalah Kawasan Situ Gunung yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango. “Selain mempermudah akses ke area rekreasi, akses menuju beberapa wilayah seperti Pelabuhan Ratu pun semakin mudah. Diharapkan kemudahan akses ini dapat membuka pintu masuknya investasi ke daerah Sukabumi dan sekitarnya, agar perekonomian penduduk sekitar dapat meningkat,” jelas Anjar.
———————————————————————————————————————
Untuk keterangan lebih lanjut :
Said Sudiarto
Manajer Operasi
PT Trans Jabar Tol
Email: said.tjt@gmail.com

Alex Siwu
Corporate Secretary
PT Waskita Toll Road
Waskita Rajawali Tower, Lt.7
Email : alex@wtr.co.id