Bahasa Indonesia Mon - Fri 08:00-17:00 +62 21 851 5558 / +62 21 851 5556
waskitatollroad@wtr.co.id

PT Waskita Toll Road Sebagai Obligor Berkemampuan Memadai Untuk Memenuhi Komitmen Keuangan Jangka Panjang Berdasakan Pemeringkatan Oleh PT Pefindo

PT Waskita Toll Road > Berita terkini > PT Waskita Toll Road Sebagai Obligor Berkemampuan Memadai Untuk Memenuhi Komitmen Keuangan Jangka Panjang Berdasakan Pemeringkatan Oleh PT Pefindo

PT Waskita Toll Road (WTR), sebuah perusahaan yang bergerak di bidang investasi jalan tol, mendapatkan peringkat idBBB-/Negative (Triple B Minus – Negative) atas kemampuan untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang. Permeringkatan tersebut diberikan oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) pada 17 Februari 2022. Adapun peringkat tersebut diputuskan berdasarkan Laporan Keuangan per 30 September 2021 (in House) dan Laporan Keuangan Audit per 31 Desember 2020 berlaku untuk periode 17 Februari sampai 1 November 2022.
Peringkat tersebut mengalami penurunan, di mana WTR sebelumnya mendapatkan peringkat idBBB-/Stable (Triple B – Stable) untuk periode November 2021. Adapun perubahan outlook peringkat menjadi “Negative” tersebut bukan merupakan indikasi penurunan kinerja maupun isu internal oleh WTR, melainkan berkaitan dengan situasi gagal bayar PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP).
Direktur Utama WTR, Septiawan Andri Purwanto menjelaskan bahwa peringkat yang diterima oleh WTR menunjukkan tingkat kepercayaan investor yang masih baik dalam kondisi pandemi Covid-19. “Adanya pandemi Covid-19, terutama pada tahun 2020, sempat berdampak pada operasional beberapa ruas tol. Namun, pada tahun 2021 kondisi operasional ruas-ruas tol semakin membaik dan kami telah berhasil melakukan aksi korporasi, diantaranya divestasi empat ruas tol, dan juga relaksasi dan restrukturisasi pinjaman pada sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Selain itu, kami pada awal tahun 2022 juga mendapat dukungan berupa Penyertaan Modal Negara (PMN) pada tujuh ruas tol yang sebagian masih dalam proses konstruksi. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kinerja kami dan menjaga nilai investasi khususnya di proyek jalan tol sehingga dapat menjadi perusahaan yang berkelanjutan dalam jangka panjang,” jelas Septiawan.
Sebagai informasi, saham WTR dimiliki oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk sebagai pemilik saham mayoritas dengan kepemilikan sebesar 87,5%, PT Taspen (Persero) sebesar 7,9%, serta PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar 4,5%. Hingga Februari 2022, WTR memiliki saham pada 12 (dua belas) Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengelola sejumlah ruas tol di Pulau Jawa dan Sumatera, dengan total panjang mencapai 653,69 Km. Sejak berdiri di tahun 2014 sampai 2019, WTR telah berhasil menorehkan prestasi tertinggi sebagai developer jalan tol dengan kepemilikan 18 (delapan belas) ruas tol dengan total panjang lebih dari 1.019 Km yang tersebar di wilayah Pulau Jawa dan Sumatera, di mana enam ruas tol telah berhasil didivestasi pada tahun 2019 dan 2021.

—————————————————————————————————————-
Untuk keterangan lebih lanjut :
Alex Siwu
Corporate Secretary
PT Waskita Toll Road
Waskita Rajawali Tower, Lt.7
Email: alex@wtr.co.id