Bahasa Indonesia Mon - Fri 08:00-17:00 +62 21 851 5558 / +62 21 851 5556
waskitatollroad@wtr.co.id

PT KRESNA KUSUMA DYANDRA MARGA DAN KREDITUR SINDIKASI SEPAKAT MENANDATANGANI PERJANJIAN RELAKSASI KREDIT SINDIKASI TAHAP I SENILAI Rp 3,5 TRILIUN

PT Waskita Toll Road > Berita terkini > PT KRESNA KUSUMA DYANDRA MARGA DAN KREDITUR SINDIKASI SEPAKAT MENANDATANGANI PERJANJIAN RELAKSASI KREDIT SINDIKASI TAHAP I SENILAI Rp 3,5 TRILIUN

Jakarta, 25 Juni 2021 – PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) selaku salah satu Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dimiliki oleh PT Waskita Toll Road (WTR) yang memiliki 69,70% saham di KKDM telah menandatangani Relaksasi Kredit Sindikasi senilai Rp3.498.899.000.000,-. Sindikasi kredit ini terbentuk atas 3 (tiga) bank, yaitu Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk selaku Mandated Lead Arranger & Bookruner (MLAB), dan bertindak sebagai lenders yakni Bank Negara Indoensia (Persero) Tbk, Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan Bank BRI Argo.
Direktur Utama PT Waskita Toll Road, Septiawan Andri Purwanto menjelaskan bahwa “Tujuan dari Relaksasi diharapkan dapat memberikan dampak yang baik bagi kelangsungan usaha dan kondisi keuangan untuk menyesuaikan kemampuan KKDM selaku BUJT kami untuk membayar bunga dan pokok akibat dampak COVID-19 kepada para kreditur, serta memenuhi kewajiban untuk mempertahankan Financial Covenant sesuai Perjanjian Kredit Sindikasi.” Ujar Septiawan.
Selain itu Direktur Utama KKDM, Aris Mujiono menegaskan bahwa “Dengan Relaksasi Kredit Sindikasi ini sebagai salah satu bentuk tanggung jawab KKDM dalam memenuhi kewajiban kepada para kreditur dan melaksanakan operasional guna mensukseskan dan mendukung program Pemerintah dalam pembangunan Jalan Tol. Dengan adanya Pandemi COVID-19 yang berdampak terhadap penurunan dan penerimaan pendapatan tol ini yang membuat kondisi ketidakmampuan KKDM yakni dalam menyelesaikan utangnya sesuai perjanjian Kredit sindikasi utamanya” jelas Aris.

Relaksasi perjanjian sindikasi bank yang diberikan kepada KKDM untuk Fasilitas Tranche 1A dan Fasilitas Tranche 1B adalah sebagai berikut:
1. Tingkat Suku Bunga yang dibayarkan sebesar 3,00% (tiga koma nol nol persen) pada tanggal pembayaran bunga (3 bulan atau triwulan) terhitung sejak tanggal 25 April 2021 sampai dengan tanggal 24 Maret 2022.
2. Suku Bunga yang ditangguhkan sebesar (reference rate + margin dikurangi 3,00%) sejak tanggal 25 April 2021 sampai dengan tanggal 24 Maret 2022, dibayarkan pada Tanggal Pembayaran Bunga Ditangguhkan.
3. Mulai bulan tanggal 25 Maret 2022 suku bunga yang berlaku sesuai dengan tingkat suku bunga yang ditetapkan (reference rate + marjin).
Jalan Tol ruas Bekasi – Cawang – Kampung Melayu yang memiliki panjang 16,02 Km yang terbagi dalam 2 seksi yakni Seksi 1 yang terbagi menjadi seksi 1A , 1B, dan 1C dan Seksi 2A. Untuk seksi 1A telah beroperasi sebagaian dan seksi 1B dan 1C telah beroperasi secara penuh sejak diresmikan pada 2017.

Untuk keterangan lebih lanjut :

Alex Siwu
Corporate Secretary
PT Waskita Toll Road
Waskita Rajawali Tower, Lt.7
Email : alex@wtr.co.id