Bahasa IndonesiaEnglish Mon - Fri 08:00-17:00 +62-21-2289-2048
waskitatollroad@wtr.co.id

Peresmian Jalan Tol Ruas Pasuruan-Probolinggo oleh Presiden Joko Widodo

PT Waskita Toll Road > Berita terkini > Peresmian Jalan Tol Ruas Pasuruan-Probolinggo oleh Presiden Joko Widodo

Peresmian Jalan Tol Ruas Pasuruan-Probolinggo oleh Presiden Joko Widodo

      

Pada tanggal 10 April 2019, ruas tol Pasuruan Probolinggo (Paspro) telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Peresmian berlangsung di Gerbang Tol Probolinggo Timur, Jawa Timur. Hak konsesi jalan tol ruas Pasuruan-Probolinggo dimiliki oleh PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol yang merupakan salah satu Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) milik PT Waskita Toll Road (WTR). Ruas tol ini merupakan bagian dari jaringan tol Trans Jawa cluster 4 yang menghubungkan Kabupaten Pasuruan dengan Kabupaten Probolinggo, di mana Jalan Tol Trans Jawa tersebut juga merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Proses konstruksi ruas tol Pasuruan Probolinggo (Paspro) dimulai pada tahun 2016. Pada periode libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, ruas tol Paspro telah dibuka secara fungsional. Tol Paspro memiliki 3 seksi yang sudah beroperasi, yaitu Seksi I (IC Grati-IC Tongas), Seksi II (IC Tongas-IC Probolinggo Barat) dan Seksi III (IC Probolinggo Barat-Probolinggo Timur) dengan panjang keseluruhan 31,3 kilometer dan nilai investasi sebesar Rp 4,6 triliun. Saat ini, sisa seksi ruas tol Paspro yaitu Seksi IV (IC Probolinggo Timur-IC Gending) sedang dalam tahap pembebasan lahan dan diharapkan dapat segera beroperasi menyusul 3 (tiga) seksi lainnya, sehingga dapat digunakan pada saat periode mudik Idul Fitri 2019.

Selain menambah kontribusi WTR melalui anak usahanya terhadap pemenuhan kebutuhan jalan tol, khususnya jalan tol Trans Jawa yang merupakan PSN, Bapak Ir. Herwidiakto, M.Tech selaku Direktur Utama WTR juga mengharapkan tol ini dapat bermanfaat secara optimal untuk memicu pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di sekitar ruas tol Paspro.

Press Release:

Press Release PASPRO