Bahasa Indonesia Mon - Fri 08:00-17:00 +62-21-2289-2048
waskitatollroad@wtr.co.id

Di Masa Pandemi, PT Waskita Toll Road tetap Torehkan Sederet Prestasi di Tahun 2021

PT Waskita Toll Road > Berita terkini > Di Masa Pandemi, PT Waskita Toll Road tetap Torehkan Sederet Prestasi di Tahun 2021

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Investasi jalan tol di Indonesia, PT Waskita Toll Road terus berupaya untuk melakukan peningkatan kinerja di tengah kondisi Pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia. Penyelesaian konstruksi jalan tol, pengoperasian jalan tol, perbaikan kondisi keuangan melalui asset recycling dan alternatif pendanaan, serta menjaga kualitas pelayanan sesuai Standar Pelayanan Minimum (SPM) menjadi fokus PT Waskita Toll Road pada tahun 2021.

Pada awal bulan Oktober 2021, PT Waskita Toll Road masih memiliki saham pada 13 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengelola ruas-ruas tol di Pulau Jawa dan Sumatera dengan total panjang 688,45 km. Sejak berdiri di tahun 2014 sampai dengan 2019, PT Waskita Toll Road telah berhasil menorehkan prestasi tertinggi sebagai developer jalan tol dengan kepemilikan 18 ruas tol dengan total panjang 980,68 Km yang tersebar di wilayah Jawa dan Sumatera. Melalui kehadiran ruas-ruas tol tersebut, PT Waskita Toll Road turut berkontribusi dalam membangun konektivitas di Pulau Jawa dan Sumatera.

Dari 13 ruas tol yang dimiliki saat ini, sebanyak tiga (3) ruas tol telah beroperasi secara penuh yaitu PT Semesta Marga Raya (Ruas Kanci – Pejagan), PT Pejagan Pemalang Toll Road (Ruas Pejagan – Pemalang), dan PT Pemalang Batang Tol Road (Ruas Pemalang – Batang). Sementara itu, terdapat 8 ruas tol yang masih beroperasi sebagian, yaitu PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol (Ruas Pasuruan – Probolinggo), PT Cimanggis Cibitung Tollways (Ruas Cimanggis – CIbitung), PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (Cibitung – Cilincing), PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (Ruas Bekasi – Cawang – Kampung Melayu), PT Trans Jabar Tol (Ruas Bogor – Ciawi – Sukabumi), PT Citra Waspphutowa (Ruas Depok – Antasari), PT Waskita Bumi Wira (Ruas Krian – Legundi – Bunder – Manyar), dan PT Waskita Sriwijaya Tol (Ruas Palembang – Kayuagung – Betung. Terdapat pula dua (2) ruas tol yang masih dalam tahap konstruksi yaitu PT Citra Karya Jabar Tol (Ruas Cileunyi – Sumedang – Dawuan) dan PT Hutama Marga Waskita (Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat).

Sebagai upaya memperbaiki kondisi keuangan, hingga Akhir September 2021, PT Waskita Toll Road telah berhasil melakukan relaksasi kredit empat (4) BUJT yang dimiliki dengan nilai kredit sebesar Rp13,9 Triliun hingga Maret 2022. Keempat BUJT tersebut adalah PT Kresna Kusuma Dyandra Marga, PT Waskita Bumi Wira, PT Trans Jabar Tol, dan PT Cimanggis Cibitung Tollways. Selain itu PT Waskita Toll Road juga telah berhasil melakukan restrukturisasi kredit atas salah satu BUJT yang dimiliki yaitu PT Pejagan Pemalang Toll Road pada akhir Mei 2021 dengan nilai Rp4,55 triliun. Dengan dilakukannya relaksasi dan restrukturisasi kredit ini, PT Waskita Toll Road beserta BUJT dapat memperbaiki kondisi cashflow di tengah kondisi pandemi yang mempengaruhi bisnis jalan tol akibat berkurangnya mobilitas masyarakat.

Pada tahun 2021 ini, salah satu agenda utama yang dilakukan oleh PT Waskita Toll Road adalah divestasi kepemilikan saham pada lima (5) BUJT yang dimiliki. Di tengah kondisi perekonomian global yang menurun dan berbagai macam ketidakpastian di masa pandemi, hingga akhir September 2021 PT Waskita Toll Road telah berhasil mendivestasi tiga (3) BUJT dengan nilai proceed sebesar Rp4,4 Triliun. Ketiga BUJT yang telah berhasil didivestasi tersebut adalah PT Jasamarga Kualanamu Tol, PT Jasamarga Semarang Batang, dan PT Cinere Serpong Jaya. Sebelumnya, pada tahun 2019 PT Waskita Toll Road juga telah berhasil melakukan divestasi kepemilikan sahamnya pada PT Jasamarga Solo Ngawi dan PT Jasamarga Ngawi Kertosono. Dana yang diperoleh dari divestasi ini digunakan untuk melanjutkan penyelesaian konstruksi di ruas-ruas tol milik PT Waskita Toll Road, serta untuk mendukung proses restrukturisasi PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Selain itu, keberhasilan PT Waskita Toll Road dalam mendivestasi ruas-ruas tolnya menjadi bukti kepada publik bahwa ruas tol milik PT Waskita Toll Road memiliki value dan nilai jual yang baik.

Selain itu, PT Waskita Toll Road senantiasa konsisten melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada para stakeholder dan penerapan Good Corporate Governance(GCG). Salah satunya dengan keberhasilan PT Waskita Toll Road mendapatkan sertifikat ISO 37001:2016 terkait Sistem Manajemen Anti Penyuapan pada Ruang Lingkup Pengadaan Barang dan Jasa. Sertifikat ISO 37001:2016 ini melengkapi beberapa sertifikasi ISO lainnya yang telah dimiliki, yaitu ISO 9001:2015 tentang Sistem Manajemen Mutu, ISO 14001:2015 tentang Sistem Manajemen Lingkungan, dan ISO 45001:2018 tentang Sistem Manajemen K3. Dengan diperolehnya ISO 37001:2016 ini diharapkan penerapan GCG di lingkungan PT Waskita Toll Road dapat berjalan semakin baik sehingga dapat meningkatkan kualitas kerja dan pelayanan kepada para stakeholder.

PT Waskita Toll Road turut melakukan inovasi dalam penyediaan layanan yang informatif dan dan real time kepada pengguna jalan melalui Aplikasi WTR Go. Aplikasi yang dapat diunduh lewat Play Store ini menyediakan berbagai informasi terkini mengenai ruas tol milik WTR, seperti informasi besaran tarif, lokasi gerbang tol, rest area, dan SPBU, layanan call center, serta pantauan CCTV di beberapa titik ruas tol. PT Waskita Toll Road terus melakukan penyempurnaan terhadap aplikasi ini guna memberikan layanan terbaik kepada para pengguna jalan.

Dalam melakukan pengawasan terhadap kualitas operasional, PT Waskita Toll Road juga memiliki fasilitas Traffic Information Center (TIC) yang digunakan untuk memantau kondisi jalan dan lalu lintas di seluruh ruas yang dimiliki. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain real time live monitoring lalu lintas dan pendapatan tol, monitoring tampilan Variable Message Sign (VMS) dan CCTV di sepanjang ruas tol, Settlement Monitoring Tolls (SMT), serta operator telepon darurat yang melayani pengguna jalan ketika mengalami kendala dalam perjalanan. Dengan adanya TIC, kondisi dan aktivitas di jalan tol dapat senantiasa dimonitor sehingga dapat memberikan kualitas pelayanan yang prima sehingga meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan. Selain itu seluruh ruas-ruas tol yang dikelola oleh PT Waskita Toll Road turut dilengkapi dengan kendaraan dan peralatan yang cukup baik sebagai persyaratan pemenuhan Standar Pelayanan Minimum.
—————————————————————————————————————-
Untuk keterangan lebih lanjut :
Alex Siwu
Corporate Secretary
PT Waskita Toll Road
Waskita Rajawali Tower, Lt.7
Email : alex@wtr.co.id